PRAKTIKUM PERTAMA KU

aku

Praktek mengajar pertama saya di SDN Gedongkiwo terletak di kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Terdapat 12 kelas karena SD Gedongkiwo merupakan SD yang menggunakan sistem paralel untuk setiap kelasnya. Seperti kelas 1 ada 2 yaitu kelas 1A dan 1B hingga kelas 6A dan 6B. Setiap bulannya tiap kelompok dirolling untuk mengajar dan kelompok saya mengampu kelas 4, 5, dan 6 selama 4 bulan (Oktober – Januari).

Dalam proses belajar mengajar kami tidak terlalu banyak menemui kesulitan. Dan seperti biasa “nervous”, itu yang saya rasakan saat pertama kali mengajar atau menghadapi langsung anak kecil, karena sebelumnya saya tidak pernah atau tidak berpengalaman dalam hal ini. Dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Tetapi lama kelamaan saya semakin terbiasa untuk menghadapi murid-murid SD dan terasa menyenangkan.

Kesulitan yang umum dihadapi adalah bagaimana cara menenangkan atau membuat anak-anak fokus ke mata pelajaran yang sedang diajarkan. Karena ada beberapa murid yang mencari perhatian kami dengan membuat kerusuhan di kelas dan memancing murid lainnya untuk melakukan hal yang sama. Itu sedikit menguras tenaga kami untuk menenangkan mereka. Apalagi suara saya yang kecil menjadi kekurangan saya dalam mengajar. Tetapi saya selalu berusaha untuk meningkatkan volume suara saya. Tidak sedikit anak-anak yang takjub melihat tubuh saya yang mini dan berkata “iih…ibu gurunya kecil”. Itu yang membuat saya agak minder.

Saya merasa senang mengajar di SD Gedongkiwo karena anak-anaknya aktif dan selalu ingin tahu. Untuk memberikan kesan belajar yang menyenangkan tidak jarang kami memberikan games dalam proses pembelajaran. Seperti mengingat vocabullary yang pernah dipelajari melalui permainan TTS dan bernyanyi. Mereka sangat antusias dan menikmati permainan yang kami berikan.

Dari praktikum ini saya mendapat banyak pembelajaran diri, seperti belajar untuk lebih bersabar, dan lebih sayang terhadap anak kecil karena sebelumnya saya tidak terlalu menyukai anak-anak. Tetapi saya harus bisa menjadi contoh yang baik bagi murid-murid saya.

Leave a comment